Biaya Hidup di Kupang Hanya Habiskan Rp2 Juta per Bulan?
Hakim Agung Sudrajad Dimyati Jadi Tersangka KPK
BBM Vivo 89 Seketika Lenyap Karena Alasan Ini...???

 

loading...
 

pemimpinindonesia.com > Ekonomi
 
Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
 
04-09-2022 13:56:35 - Dibaca 417 Kali
 
 
Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
Ilustrasi. (Sumber Foto: okezone.com)
 
loading...
 
Penyerapan angka tenaga kerja untuk sejumlah profesi dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan bahkan terancam punah. Hal ini terjadi seiring dengan kemajuan teknologi yang berkembang pesat dan dapat dikerjakan oleh sebuah robot.

Meski begitu, saat robot masuk dunia kerja, akan timbul banyak permintaan atas pekerjaan baru. Laporan Future of Jobs Report 2020 dari World Economic Forum menyebut akan ada 85 juta pekerjaan yang tergeser dari manusia ke mesin pada 2025, sementara di saat bersamaan ada 97 juta peran baru yang muncul.

"Jangan panik. Laporan itu memang memprediksi robot akan mencuri pekerjaan kita, tetapi lebih banyak peran yang terbuka atas pergeseran ini, 97 juta tepatnya. Ini menjadi pekerjaan di masa depan dan itu adalah kesempatan terbaik khususnya bagi profesional di awal karir," tulis laman Harvard Business Review, dikutip Sabtu (3/9/2022).


Selain itu, laman tersebut juga menuliskan 20 besar peran yang bertambah dan berkurang permintaannya di seluruh industri. Ini berdasarkan laporan yang sama dari World Economic Forum.

Pada pekerjaan yang bertambah permintaan, kebanyakan mencari spesialis di bidang teknologi. Termasuk juga mencari di bidang machine learning serta otomasi.

Artinya meski ada robot dan mesin yang mengambil alih beberapa tugas, perusahaan tetap membutuhkan seseorang untuk mengoperasikan atau membetulkan mesin tersebut.


Berikut daftar pekerjaan tersebut:

1. Analis data dan ilmuwan data

2. Spesialis AI dan machine learning

3. Spesialis big data

4. Spesialis digital marketing dan strategi

5. Spesialis proses otomasi

6. Profesional pengembangan bisnis

7. Spesialis transformasi digital

8. Analis keamanan informasi

9. Pengembang software dan aplikasi

10. Spesialis internet of things (IoT)

11. Manajer proyek

12. Manager layanan dan administrasi bisnis

13. Profesional database dan jaringan

14. Teknisi robotik

15. Penasihat strategi

16. Analis manajemen dan organisasi

17. Ahli fintech

18. Mekanik dan tukang reparasi mesin

19. Spesialis pengembangan organisasi

20. Spesialis manajemen risiko.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnbcindonesia.com dengan judul: 20 Pekerjaan yang Takkan Diganti Robot, Siap Ganti Profesi?
 
Sumber : cnbcindonesia.com
 
 
 
 
- EKONOMI -
Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
BBM Vivo 89 Seketika Lenyap Karena Alasan Ini...???

(05-09-2022 11:21:34 - Dibaca 535 Kali)

Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!

(04-09-2022 07:26:25 - Dibaca 368 Kali)

Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?

(04-09-2022 06:59:21 - Dibaca 506 Kali)

Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
Jokowi Resmi Naikkan Harga BBM Pertalite & Solar!

(03-09-2022 16:28:15 - Dibaca 386 Kali)

Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
Ini Daftar Negara Terancam Resesi, Termasuk RI?

(15-07-2022 08:42:55 - Dibaca 829 Kali)

Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
Ini Daftar 229 Kripto Legal di Indonesia!

(14-02-2022 08:35:49 - Dibaca 824 Kali)

Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
Kekayaan Mark Zuckerberg Susut Rp430 T Gegara Saham Meta Terpuruk?

(04-02-2022 14:03:05 - Dibaca 548 Kali)

Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
Hadapi Ahok, Putri Eks Gubernur Kaltim Siap Jadi Kepala Otorita IKN?

(03-02-2022 20:41:01 - Dibaca 693 Kali)

Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
Gara-gara Mafia Migas, Ahok Sepakat Premium Sulit Dihapus?

(28-12-2021 07:06:56 - Dibaca 1.326 Kali)

Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
Terkait Aksi Mogok Pekerja Pertamina, Ini Respons Ahok!

(23-12-2021 07:52:05 - Dibaca 1.363 Kali)

Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
Sri Mulyani Kembali Masuk Daftar Wanita Berpengaruh Dunia 2021!

(09-12-2021 09:23:27 - Dibaca 1.006 Kali)

Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
Pegawai BUMN Ini Minta Ahok Tak Bikin Gaduh?

(03-12-2021 05:21:28 - Dibaca 1.312 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
Biaya Hidup di Kupang Hanya Habiskan Rp2 Juta per Bulan?

(27-09-2022 07:17:47 - Dibaca 124 Kali)

Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
Hakim Agung Sudrajad Dimyati Jadi Tersangka KPK

(23-09-2022 05:57:56 - Dibaca 206 Kali)

Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
BBM Vivo 89 Seketika Lenyap Karena Alasan Ini...???

(05-09-2022 11:21:34 - Dibaca 535 Kali)

Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
Luis Milla Tampar Ciro Alves? Ada apa? Ini Kronologinya!

(05-09-2022 09:58:26 - Dibaca 431 Kali)

Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
Wow! Lewat Tol Ini Jakarta-Bandung Tak Sampai 1 Jam?

(05-09-2022 07:12:47 - Dibaca 658 Kali)

Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
Peran Sambo di Pra Rekonstruksi Brigadir J Diungkap Hendra Kurniawan

(05-09-2022 07:03:50 - Dibaca 501 Kali)

Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
Ini 5 Negara yang Punya Utang Besar ke China!

(04-09-2022 10:08:58 - Dibaca 436 Kali)

Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!

(04-09-2022 07:26:25 - Dibaca 368 Kali)

Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?

(04-09-2022 06:59:21 - Dibaca 506 Kali)

Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
Mulai Pekan Depan Menkominfo Buru Sumber Kebocoran Data SIM Card?

(03-09-2022 18:17:27 - Dibaca 362 Kali)

Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
Quartararo Disebut Frustrasi di FP3 MotoGP San Marino?

(03-09-2022 17:52:32 - Dibaca 294 Kali)

Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!
Ini Dia Daftar Mobil yang Bakal Dilarang Isi Pertalite, Simak!

(03-09-2022 17:11:36 - Dibaca 736 Kali)