Biaya Hidup di Kupang Hanya Habiskan Rp2 Juta per Bulan?
Hakim Agung Sudrajad Dimyati Jadi Tersangka KPK
BBM Vivo 89 Seketika Lenyap Karena Alasan Ini...???

 

loading...
 

pemimpinindonesia.com > Ekonomi
 
Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
 
04-09-2022 07:26:25 - Dibaca 368 Kali
 
 
Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
Ilustrasi. (Sumber Foto: suara.com)
 
loading...
 
Presiden Jokowi resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis pertalite dan solar. Untuk pertalite, harga naik dari Rp7.650 menjadi Rp10 ribu per liter.

Sementara solar, harganya naik dari Rp5.150 menjadi Rp6.800 per liter. Hal ini seiring membengkaknya anggaran subsidi energi menjadi Rp502 triliun dari proyeksi awal Rp170 triliun APBN 2022.

Dari sisi kuota, pertalite dan solar kian menipis. Data PT Pertamina (Persero) menunjukkan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis pertalite telah mencapai 16,8 juta kiloliter (kl) hingga Juli 2022. Artinya, kuota pertalite hingga akhir 2022 hanya tersisa 6,25 juta kl dari total kuota yang ditetapkan tahun ini sebanyak 23,05 juta kl.


Kemudian, penyaluran BBM subsidi jenis solar juga telah mencapai 9,9 juta kl hingga Juli 2022. Sehingga sisa kuota solar hingga akhir tahun hanya tersisa 5,2 juta kl dari total kuota 15,1 kl.

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Mohammad Faisal mengatakan kenaikan pertalite dan solar akan berimbas pada harga-harga komoditas lainnya.

Lantas, apa saja dampak kenaikan harga pertalite dan solar terhadap biaya barang dan jasa?

Biaya Transportasi

Faisal mengatakan ongkos transportasi merupakan sektor pertama yang terkena dampak dari kenaikan harga BBM subsidi.

Hal ini tidak bisa dihindari karena ongkos transportasi memang bergantung pada harga bahan bakar.

"Yang jelas dampak langsungnya ke ongkos transportasi. Itu yang paling besar dampak langsung dari kenaikan BBM," ujar Faisal kepada CNNIndonesia.com baru-baru ini.


Biaya Logistik

Faisal menjelaskan efek ikutan dari kenaikan BBM yang berimbas pada kenaikan ongkos transportasi adalah biaya logistik. Oleh karena itu biaya logistik pun terancam melambung.

"Ongkos transportasi ini terasosiasi dengan biaya logistik," kata dia.

Harga Pangan

Faisal menuturkan harga pangan pun terancam ikut melambung jika harga BBM subsidi naik. Pasalnya, kenaikan biaya logistik tadi berkaitan erat dengan harga pangan.

Ketika biaya logistik naik, kata dia, harga pangan pun ikut melambung karena ongkos distribusinya naik.

"Ini berpengaruh pada harga barang-barang lain. Termasuk bahan pangan karena yang paling banyak diangkut via logistik," ujar Faisal.






Inflasi Naik, Konsumsi Turun

Ekonom Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menghitung apabila harga pertalite diasumsikan naik dari Rp7.650 per liter menjadi Rp10 ribu per liter, maka inflasi diperkirakan tembus 6 persen hingga 6,5 persen secara tahunan.

"Dikhawatirkan menjadi inflasi yang tertinggi sejak September 2015," ujarnya.

Kenaikan harga pertalite, sambung dia, sudah pasti akan berdampak langsung pada daya beli masyarakat. Kenaikan harga kebutuhan pokok sehari-hari tadi pun bahkan bisa meningkatkan jumlah orang miskin baru.

Menurutnya, ekonomi 40 persen kelompok rumah tangga terbawah dikhawatirkan akan semakin berat. Ditambah lagi, 64 juta UMKM bergantung pada BBM subsidi.

Bhima juga memprediksi konsumsi rumah tangga bisa melemah ke level 3,75 persen. "Konsumsi akan melemah diproyeksikan hanya tumbuh 3,75 hingga 4 persen pada semester II 2022," kata dia.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal Karena Harga Pertalite Naik
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- EKONOMI -
Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
BBM Vivo 89 Seketika Lenyap Karena Alasan Ini...???

(05-09-2022 11:21:34 - Dibaca 535 Kali)

Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!

(04-09-2022 13:56:35 - Dibaca 416 Kali)

Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?

(04-09-2022 06:59:21 - Dibaca 506 Kali)

Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
Jokowi Resmi Naikkan Harga BBM Pertalite & Solar!

(03-09-2022 16:28:15 - Dibaca 386 Kali)

Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
Ini Daftar Negara Terancam Resesi, Termasuk RI?

(15-07-2022 08:42:55 - Dibaca 829 Kali)

Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
Ini Daftar 229 Kripto Legal di Indonesia!

(14-02-2022 08:35:49 - Dibaca 824 Kali)

Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
Kekayaan Mark Zuckerberg Susut Rp430 T Gegara Saham Meta Terpuruk?

(04-02-2022 14:03:05 - Dibaca 548 Kali)

Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
Hadapi Ahok, Putri Eks Gubernur Kaltim Siap Jadi Kepala Otorita IKN?

(03-02-2022 20:41:01 - Dibaca 693 Kali)

Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
Gara-gara Mafia Migas, Ahok Sepakat Premium Sulit Dihapus?

(28-12-2021 07:06:56 - Dibaca 1.326 Kali)

Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
Terkait Aksi Mogok Pekerja Pertamina, Ini Respons Ahok!

(23-12-2021 07:52:05 - Dibaca 1.363 Kali)

Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
Sri Mulyani Kembali Masuk Daftar Wanita Berpengaruh Dunia 2021!

(09-12-2021 09:23:27 - Dibaca 1.006 Kali)

Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
Pegawai BUMN Ini Minta Ahok Tak Bikin Gaduh?

(03-12-2021 05:21:28 - Dibaca 1.312 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
Biaya Hidup di Kupang Hanya Habiskan Rp2 Juta per Bulan?

(27-09-2022 07:17:47 - Dibaca 124 Kali)

Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
Hakim Agung Sudrajad Dimyati Jadi Tersangka KPK

(23-09-2022 05:57:56 - Dibaca 206 Kali)

Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
BBM Vivo 89 Seketika Lenyap Karena Alasan Ini...???

(05-09-2022 11:21:34 - Dibaca 535 Kali)

Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
Luis Milla Tampar Ciro Alves? Ada apa? Ini Kronologinya!

(05-09-2022 09:58:26 - Dibaca 431 Kali)

Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
Wow! Lewat Tol Ini Jakarta-Bandung Tak Sampai 1 Jam?

(05-09-2022 07:12:47 - Dibaca 658 Kali)

Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
Peran Sambo di Pra Rekonstruksi Brigadir J Diungkap Hendra Kurniawan

(05-09-2022 07:03:50 - Dibaca 501 Kali)

Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!

(04-09-2022 13:56:35 - Dibaca 416 Kali)

Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
Ini 5 Negara yang Punya Utang Besar ke China!

(04-09-2022 10:08:58 - Dibaca 436 Kali)

Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?

(04-09-2022 06:59:21 - Dibaca 506 Kali)

Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
Mulai Pekan Depan Menkominfo Buru Sumber Kebocoran Data SIM Card?

(03-09-2022 18:17:27 - Dibaca 362 Kali)

Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
Quartararo Disebut Frustrasi di FP3 MotoGP San Marino?

(03-09-2022 17:52:32 - Dibaca 294 Kali)

Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!
Ini Dia Daftar Mobil yang Bakal Dilarang Isi Pertalite, Simak!

(03-09-2022 17:11:36 - Dibaca 736 Kali)