Biaya Hidup di Kupang Hanya Habiskan Rp2 Juta per Bulan?
Hakim Agung Sudrajad Dimyati Jadi Tersangka KPK
BBM Vivo 89 Seketika Lenyap Karena Alasan Ini...???

 

loading...
 

pemimpinindonesia.com > Ekonomi
 
Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
 
04-09-2022 06:59:21 - Dibaca 508 Kali
 
 
Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
Ilustrasi. Sumber Foto : Detikcom
 
loading...
 
Indonesia hingga saat ini tercatat telah dipimpin oleh sebanyak tujuh Presiden, mulai dari Soekarno hingga Joko Widodo.

Adapun selain mempunyai karakter masing-masing, setiap pemimpin negara juga mempunyai harta kekayaan yang tak kalah menarik untuk disimak.

Berikut perkiraan harta kekayaan ketujuh Presiden seperti dirangkum oleh CNBC Indonesia dari berbagai sumber, Sabtu (3/9/2022) :


1. Soekarno

Belum diketahui secara pasti seberapa besar harta kekayaan dari Presiden pertama RI tersebut. Namun berdasarkan sebuah koran Austria Kronen Zeitung edisi 17 dan 19 Desember 2012 seperti dikutip dari detikcom, di tahun yang sama pernah menyebut data kekayaan Soekarno sebesar US$ 180 miliar yang tersimpan di sebuah bunker di Union Bank of Switzerland (UBS).

Adapun, koran Kronen Zeitung termasuk salah satu koran tertua di Austria. Mereka terbit sejak 2 Januari 1900.






2. Soeharto

Mengutip detikcom, The United States Treasury mendeteksi adanya perpindahan uang dalam jumlah besar mencapai US$ 9 miliar ke bank di Austria pada tahun 1998 setelah Soeharto lengser. Uang tersebut merupakan milik Presiden kedua itu.

Namun angka tersebut diyakini hanya sebagian dari harta yang dimiliki Soeharto selama masa jabatannya selama masa periode 1966-1998.

Sementara, sebuah lembaga keuangan internasional, Time Warner Inc seperti menyebut, harta Soeharto mencapai sekitar US$ 15 miliar termasuk US$ 9 miliar yang ditransfer dari bank di Swiss ke bank di Austria.


3. BJ Habibie

Belum diketahui pasti juga berapa banyak harta kekayaan BJ Habibie, namun sebuah media cetak Asia Far Eastern Economic Review pernah melansir harta BJ Habibie mencapai US$ 60 juta.

Asia Far Eastern Economic Review merupakan media bisnis berbahasa Inggris terbesar di Asia yang bermarkas di Hong Kong. Harta BJ Habibie didapat dari hak kekayaan intelektual atas sejumlah penemuan di bidang teknologi dan sejumlah bisnis di bidang teknologi.

Melansir Globe Asia, anak BJ Habibie yakni Ilham Habibie dan Thareq Habibie Ilthabi Rekatama tercatat memiliki kekayaan US$ 250 juta yang bersumber dari sejumlah perusahaan teknologi milik keluarga Habibie.






4. Gus Dur

Abdurrahman Wahid atau yang akrab dipanggil Gus Dur ini berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2001 memiliki kekayaan sebesar Rp 3.495.720.043.

Kekayaan itu berasal dari tanah dan bangunan miliknya, transportasi, logam mulia, surat berharga, serta giro dan kas.

5. Megawati

Megawati digadang-gadang memiliki harta mencapai Rp 96.164.593.814 berdasarkan LHKPN pada tahun 2014.

Ia mempunyai tanah dan bangunan dengan total Rp 36 miliar, transportasi sebesar Rp 1 miliar, surat berharga senilai Rp 33 miliar, serta giro dan kas sebesar Rp 1 miliar.






6. Susilo Bambang Yudhoyono

Berdasarkan LHKPN tahun 2014, SBY diketahui memiliki kekayaan sebesar Rp 13.983.608.460. Harta tersebut berasal dari berbagai macam, mulai dari transportasi dengan nilai mencapai Rp 500 juta, tanah dan bangunan sebesar Rp 5 miliar, serta giro dan kas senilai Rp 6 miliar.

7. Joko Widodo

Berdasarkan LHKPN, Joko Widodo (Jokowi) memiliki harta sebanyak Rp 50.248.349.788. Harta tersebut berasal dari berbagai hal mulai dari tanah, kendaraan hingga harta bergerak lainnya.

Adapun, rincian harta Jokowi terdiri dari 20 unit tanah dan bangunan sebesar Rp 43.888.588.000, kendaraan sebanyak 12 unit Rp 1.083.500.000, serta harta bergerak lainnya Rp 6.109.234.704. Ia juga memiliki catatan utang sebesar Rp 1.192.972.916.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnbcindonesia.com dengan judul: Deretan Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya Raya?
 
Sumber : cnbcindonesia.com
 
 
 
 
- EKONOMI -
Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
BBM Vivo 89 Seketika Lenyap Karena Alasan Ini...???

(05-09-2022 11:21:34 - Dibaca 536 Kali)

Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!

(04-09-2022 13:56:35 - Dibaca 418 Kali)

Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!

(04-09-2022 07:26:25 - Dibaca 369 Kali)

Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
Jokowi Resmi Naikkan Harga BBM Pertalite & Solar!

(03-09-2022 16:28:15 - Dibaca 386 Kali)

Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
Ini Daftar Negara Terancam Resesi, Termasuk RI?

(15-07-2022 08:42:55 - Dibaca 831 Kali)

Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
Ini Daftar 229 Kripto Legal di Indonesia!

(14-02-2022 08:35:49 - Dibaca 824 Kali)

Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
Kekayaan Mark Zuckerberg Susut Rp430 T Gegara Saham Meta Terpuruk?

(04-02-2022 14:03:05 - Dibaca 549 Kali)

Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
Hadapi Ahok, Putri Eks Gubernur Kaltim Siap Jadi Kepala Otorita IKN?

(03-02-2022 20:41:01 - Dibaca 693 Kali)

Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
Gara-gara Mafia Migas, Ahok Sepakat Premium Sulit Dihapus?

(28-12-2021 07:06:56 - Dibaca 1.326 Kali)

Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
Terkait Aksi Mogok Pekerja Pertamina, Ini Respons Ahok!

(23-12-2021 07:52:05 - Dibaca 1.363 Kali)

Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
Sri Mulyani Kembali Masuk Daftar Wanita Berpengaruh Dunia 2021!

(09-12-2021 09:23:27 - Dibaca 1.006 Kali)

Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
Pegawai BUMN Ini Minta Ahok Tak Bikin Gaduh?

(03-12-2021 05:21:28 - Dibaca 1.312 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
Biaya Hidup di Kupang Hanya Habiskan Rp2 Juta per Bulan?

(27-09-2022 07:17:47 - Dibaca 124 Kali)

Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
Hakim Agung Sudrajad Dimyati Jadi Tersangka KPK

(23-09-2022 05:57:56 - Dibaca 206 Kali)

Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
BBM Vivo 89 Seketika Lenyap Karena Alasan Ini...???

(05-09-2022 11:21:34 - Dibaca 536 Kali)

Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
Luis Milla Tampar Ciro Alves? Ada apa? Ini Kronologinya!

(05-09-2022 09:58:26 - Dibaca 432 Kali)

Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
Wow! Lewat Tol Ini Jakarta-Bandung Tak Sampai 1 Jam?

(05-09-2022 07:12:47 - Dibaca 658 Kali)

Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
Peran Sambo di Pra Rekonstruksi Brigadir J Diungkap Hendra Kurniawan

(05-09-2022 07:03:50 - Dibaca 502 Kali)

Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!

(04-09-2022 13:56:35 - Dibaca 418 Kali)

Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
Ini 5 Negara yang Punya Utang Besar ke China!

(04-09-2022 10:08:58 - Dibaca 438 Kali)

Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!

(04-09-2022 07:26:25 - Dibaca 369 Kali)

Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
Mulai Pekan Depan Menkominfo Buru Sumber Kebocoran Data SIM Card?

(03-09-2022 18:17:27 - Dibaca 363 Kali)

Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
Quartararo Disebut Frustrasi di FP3 MotoGP San Marino?

(03-09-2022 17:52:32 - Dibaca 295 Kali)

Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?
Ini Dia Daftar Mobil yang Bakal Dilarang Isi Pertalite, Simak!

(03-09-2022 17:11:36 - Dibaca 736 Kali)