Biaya Hidup di Kupang Hanya Habiskan Rp2 Juta per Bulan?
Hakim Agung Sudrajad Dimyati Jadi Tersangka KPK
BBM Vivo 89 Seketika Lenyap Karena Alasan Ini...???

 

loading...
 

pemimpinindonesia.com > Peristiwa
 
Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
 
14-09-2021 15:21:35 - Dibaca 4.482 Kali
 
 
Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Candi Borobudur (Foto: ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN)
 
loading...
 
Heboh Ustaz Sofyan Chalid menyebut wisata ke Candi Borobudur haram. Ketua Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Magelang, Jateng, Abbet Nugroho, buka suara.

"Saya sangat tidak setuju atas pernyataan ustaz (Sofyan Chalid) tersebut. Pernyataan ustaz tersebut sangat tidak mencerminkan ajaran Islam yang rahmatan lil alamin bahwa sesungguhnya Islam diturunkan sebagai rahmat bagi seluruh alam," kata Abbet dalam pesannya kepada detikcom, Selasa (14/9/2021).

Abbet yang tinggal di sekitar Candi Borobudur mengatakan, di dalam Islam dikenalkan konsep persaudaraan/ukhuwah yaitu ukhuwah Islamiyah atau persaudaraan sesama umat. Kemudian, ukhuwah wathaniyah atau persaudaraan sesama bangsa serta ukhuwah basyariyah atau persaudaraan sesama umat manusia.


"Dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara yang harus kita kedepankan adalah ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah basyariyah. Apalagi kita hidup di negeri yang ditakdirkan memiliki banyak perbedaan, baik ras, suku, agama dan budaya. Seyogianya kita bisa saling menghargai satu sama lain karena kita hidup berdampingan," kata Abbet yang juga pemilik Kampoeng Dolanan Nusantara, Borobudur.

Menurut Abbet, umat Islam yang hidup di kawasan World Heritage Candi Borobudur akan tetap menjaga keberadaan Candi Borobudur. Keberadaan Candi Borobudur bagi warga masyarakat yang tinggal di sekitarnya merupakan berkah harus disyukuri.

"Kami sebagai umat Islam yang hidup di kawasan World Heritage Candi Borobudur akan tetap menjaga keberadaan Candi Borobudur tersebut. Selain sebagai warisan budaya, kami ingin membuktikan bahwa agama Islam adalah agama yang penuh kasih sayang, menghargai keyakinan orang lain dan menjunjung tinggi toleransi," ujarnya.


"Bagi masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah Borobudur, Candi Borobudur merupakan berkah yang harus disyukuri sebagai wasilah/jalan rezeki bagi masyarakat luas. Terbukti Candi Borobudur bisa menghidupi masyarakat sekitarnya dengan berdagang ataupun jasa wisata lainnya," ujar Abbet.

Pihaknya pun meminta kepolisian turun tangan karena pernyataan wisata ke Candi Borobudur tersebut berpotensi menimbulkan keresahan dan perpecahan.

"Karena berpotensi menimbulkan keresahan dan perpecahan," imbuhnya.

Untuk diketahui, video Ustaz Sofyan yang ramai beredar itu tayang pada 3 September 2018 lalu, salah satu pengunggahnya akun YouTube Bismmillah Every***.

Dalam video itu Sofyan tampak membaca secarik kertas yang berisi pertanyaan, 'Apa hukumnya wisata ke tempat ibadah orang kafir contohnya Candi Borobudur?'.

"Hukumnya haram, karena itu termasuk persetujuan terhadap peribadahan mereka makanya kita tidak boleh duduk-duduk bersama orang yang menghina agama. Allah mengatakan kalau kamu duduk bersama mereka kamu seperti mereka," jawab Sofyan seperti dikutip detikcom dalam video tersebut, Senin (13/9).

"Hadirnya kita di situ artinya persetujuan terhadap dia, kalau kita hadir di tempat peribadahan orang kafir sama saja berarti setuju dengan mereka walaupun hati kita nggak setuju tapi kehadiran kita adalah persetujuan itu sendiri. Kita nggak boleh hadir ke situ kecuali untuk satu tujuan, mau membubarkan orang yang beribadah selain kepada Allah," imbuhnya.

Video pendek ini menuai beragam reaksi dari netizen. Di antaranya komentar tersebut banyak juga yang tidak setuju dengan pernyataan Sofyan.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Heboh Wisata ke Borobudur Haram, Seniman NU Magelang Buka Suara
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- PERISTIWA -
Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Kabar Duka! Mantan Jubir Satgas Covid Achmad Yurianto Meninggal Dunia

(21-05-2022 20:19:12 - Dibaca 904 Kali)

Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Presiden Jokowi-Elon Musk Bertemu, Ini Kata Ketua MUI!

(16-05-2022 11:15:02 - Dibaca 852 Kali)

Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Polisi Akan Berlakukan One Way Arah Puncak Bogor Siang Ini

(16-05-2022 10:56:18 - Dibaca 690 Kali)

Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Antisipasi Pelajar Ikut Demo 11 April, Polisi Jaga Sejumlah Titik di Tangerang!

(10-04-2022 16:57:59 - Dibaca 879 Kali)

Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Tak Ada Nama Soeharto di Keppres 1 Maret yang Diteken Jokowi, Ini Alasannya!

(04-03-2022 07:13:52 - Dibaca 1.276 Kali)

Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Peringatan Keras Jokowi ke Istri TNI-Polri Tak Undang Penceramah Radikal

(03-03-2022 11:46:10 - Dibaca 1.095 Kali)

Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Ini Peringatan BMKG Soal Temuan Patahan Baru di Sumbar!

(03-03-2022 11:20:44 - Dibaca 1.093 Kali)

Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Angelina Sondakh Resmi Bebas

(03-03-2022 09:57:49 - Dibaca 936 Kali)

Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Kabar Duka! Arifin Panigoro Meninggal Dunia

(28-02-2022 07:06:40 - Dibaca 1.100 Kali)

Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Cilegon Disebut Terancam Gempa Magnitudo 8,7 dan Tsunami 8 meter?

(17-02-2022 05:46:30 - Dibaca 2.917 Kali)

Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Khalid Basalamah Singgung Soal Wayang, Ini Respons Muhammadiyah!

(15-02-2022 17:49:11 - Dibaca 1.429 Kali)

Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Jenderal Dudung Minta Bahar Smith dan Rizieq Tak Usah Macam-macam!

(08-02-2022 06:05:59 - Dibaca 932 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Biaya Hidup di Kupang Hanya Habiskan Rp2 Juta per Bulan?

(27-09-2022 07:17:47 - Dibaca 124 Kali)

Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Hakim Agung Sudrajad Dimyati Jadi Tersangka KPK

(23-09-2022 05:57:56 - Dibaca 206 Kali)

Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
BBM Vivo 89 Seketika Lenyap Karena Alasan Ini...???

(05-09-2022 11:21:34 - Dibaca 535 Kali)

Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Luis Milla Tampar Ciro Alves? Ada apa? Ini Kronologinya!

(05-09-2022 09:58:26 - Dibaca 431 Kali)

Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Wow! Lewat Tol Ini Jakarta-Bandung Tak Sampai 1 Jam?

(05-09-2022 07:12:47 - Dibaca 658 Kali)

Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Peran Sambo di Pra Rekonstruksi Brigadir J Diungkap Hendra Kurniawan

(05-09-2022 07:03:50 - Dibaca 501 Kali)

Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Ini 20 Pekerjaan yang Susah Diganti dengan Robot!

(04-09-2022 13:56:35 - Dibaca 418 Kali)

Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Ini 5 Negara yang Punya Utang Besar ke China!

(04-09-2022 10:08:58 - Dibaca 437 Kali)

Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Imbas Pertalite Naik, Ini Daftar Kebutuhan yang Terancam Makin Mahal!

(04-09-2022 07:26:25 - Dibaca 369 Kali)

Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Intip Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?

(04-09-2022 06:59:21 - Dibaca 506 Kali)

Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Mulai Pekan Depan Menkominfo Buru Sumber Kebocoran Data SIM Card?

(03-09-2022 18:17:27 - Dibaca 363 Kali)

Ada Ustaz yang Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ini Respons Seniman NU Magelang!
Quartararo Disebut Frustrasi di FP3 MotoGP San Marino?

(03-09-2022 17:52:32 - Dibaca 294 Kali)